Powered By Blogger

Selasa, 21 Agustus 2012

agar tidak terlalu banyak makan

buat semuanya info paling baru nih hehehe semoga bermanfaat ya gan!
Jakarta - Opor ayam, sambal goreng ati, ketupat dan makanan bersantan lainnya yang identik dengan Lebaran sangat menggugah selera. Apalagi ketika menyantapnya bersama dengan kerabat dan teman yang datang untuk bersilahturahmi. Namun, mengkonsumsi banyak makanan bersantan tentulah tidak baik bagi tubuh.

Efek buruk yang ditimbulkan oleh sayur opor dan labu yang berkolesterol bukan berarti membuat Anda tidak bisa menyantap makanan favorit tersebut. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa tetap mengontrol makanan yang masuk kedalam perut, seperti dikutip About:

Jangan Melewatkan Makan
Banyak orang percaya dengan tidak sarapan maka dapat menyediakan ruang yang cukup untuk menyantap makan siang, kudapan dan makan malam yang lezat. Opini yang terdengar meyakinkan ini ternyata hanya membuat Anda merasa lapar sehingga Anda emosi tidak terkontrol. Bukan hanya itu saja kurangnya glukosa dalam tubuh bisa membuat Anda merasa pusing. Meskipun Lebaran, sebaiknya tetap pilih makan sehat untuk sarapan, misalnya mengonsumsi roti gandum atau buah-buahan sebelum bersiap menyambut tamu yang datang.

Makanlah dalam Porsi Kecil
Ketika datang berkunjung kerumah kerabat, tentu Anda disuguhi berbagai macam makanan dari yang berat hingga yang ringgan seperti nastar, kacang dan cake. Apabila Anda berencana untuk berkunjung lagi kerumah kerabat dan teman yang lain ambilah makanan dengan porsi yang kecil. Karena Anda akan disuguhi makanan lagi di rumah berikutnya.

Jaga Jarak dengan Meja Makan
Berada dekat dengan meja makan hanya akan membuat Anda bolak-balik mengambil makanan-makanan lezat yang tersaji. Tidak mudah untuk menolaknya bukan? Oleh karenanya duduklah di spot yang jauh dari meja makan. Selain menjaga jumlah makanan yang masuk ke dalam perut, dengan begini Anda bisa lebih menikmati obrolan dengan kerabat.

Makan Perlahan
Meja yang penuh makanan sangat mengundang Anda untuk memenuhi piring. Latihlah diri dengan makan secara perlahan. Tidak ada yang perlu dikejar bukan? Bersantailah dan nikmati setiap suap dari makanan Anda. Kunyahlah makanan secara sempurna sebelum menelannya, ini akan sangat baik bagi pencernaan Anda.

Perbanyak Minum Air Putih
Dehidrasi ringan akan membuat Anda selalu merasa lapar, dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan perbanyak minum air putih. Minumlah segelas atau dua gelas air putih sebelum makan, atau bisa disiasati dengan menyelingi beberapa gigitan dengan minum air putih. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang.

Makan Camilan Sehat
Begitu banyak kue manis dan puding yang disuguhkan, tetapi Anda harus pintar memilih makanan mana yang sehat. Namun, makanan-makanan menggugah selera itu bisa sesekali di konsumsi, tapi ingat bukan tiap saat. Karena walupun mengandung banyak lemak, tetapi cemilan dibutuhkan oleh tubuh agar tidak terlalu banyak makan karbohidrat.

Sibukkan Diri
Saat bersilaturahmi, ketimbang sibuk mencicipi semua hidangan yang tersaji, lakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan makanan. Misalnya mengobrol dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu atau berfoto bersama.

Mulai Kembali Rutinitas Sehat
Setelah semua berlalu, kembalilah kepola hidup sehat Anda. Atur kembali pola makan dan olahraga yang beberapa hari sebelumnya telah dilupakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar